http://lowongan.blog.friendster.com

Rabu, 17 Maret 2010

POTENSI BATUBARA BENAKAT 245 JUTA TON

Tebo, 17 Juli 2009 17:40WIB
Kab Tebo Miliki Potensi Pertambangan Cukup Besar

Kab Tebo Miliki Potensi Pertambangan Cukup Besar

Muara Tebo, Pelita. Bupati Tebo Drs HA Madjid Muaz MM menyebutkan, daerahnya memiliki potensi sektor pertambangan yang cukup besar. Hanya saja diakuinya, kekayaan alam, seperti minyak bumi dan gas, batubara, timah, granit, emas, pasir, kerikil, dan kaolir, baru sebagian kecil yang dapat dikelola, lainnya menunggu sentuhan investor.

Karena itulah, kata Madjid, pihaknya sangat mengharapkan agar potensi sektor pertambangan di daerah ini dapat dikelola dengan baik, yang mana tentunya tidak mungkin dapat dilakukan tanpa melibatkan investor. Sehingga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo senantiasa memberikan fasilitas kemudahan bagi investor yang ingin berinvestasi di daerah ini.

Berbagai fasilitas kemudahan senantiasa akan diberikan kepada investor yang ingin melakukan investasi di daerah ini, terlebih terhadap sektor pertambangan, katanya. Selanjutnya Madjid Muaz menjelaskan, hampir seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, memiliki potensi sektor pertambangan yang cukup besar. Seperti di Kecamatan Sumay, di beberapa desa yang ada, yakni Desa Muara Sekalo memiliki kandungan minyak dan gas bumi, serta batubara yang belum dikelola. Di Desa Semabu, Desa Suo-Suo, juga memiliki potensi sumber daya batubara mencapai 220 juta ton.

Di Desa Pemayungan, yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Sumay, memiliki potensi timah, potensi emas primer, dan potensi granit mencapai 2.330.557 meter kubik. Begitu juga Desa Semabu, memiliki bahan galian kaolin mencapai 1.220.330.045 meter kubik, serta potensi pasir kwarsa mencapai 300.564.028 meter kubik.

Di Kecamatan Tengah Ilir, seperti di Desa Lubuk Mandarsah memiliki potensi sumber daya minyak bumi mencapai 31 juta barrel, sedangkan untuk gas bumi belum bisa dipastikan jumlahnya. Untuk potensi sumber daya emas primer dan pasir kuarsa diperkirakan mencapai 1.334.250.112 meter kubik.

Sementara untuk potensi batubara sesuai formasi Muara Enim dan formasi Air Benakat diperkirakan mencapai 245 juta ton, sedangkan untuk formasi pembawa batubara Talang Akar diperkirakan mencapai 17 juta ton.

Potensi sektor pertambangan, seperti yang ada di Kecamatan Tebo Ilir, Kecamatan Serai Serumpun, Kecamatan Tebo Tengah, Kecamatan Tebo Ulu, Kecamatan VII Koto Ilir, Kecamatan VII Kota, dan Kecamatan Rimbo Bujang, juga tidak kalah besarnya.Dikatakannya, jika potensi sektor pertambangan yang ada di daerah ini dapat dikelola seluruhnya, bukan tidak mungkin daerah ini akan mampu membiayai pembangunan yang dilaksanakan, karena disokong dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pertambangan yang ada itu. (nf) (sumber: http://www.hupelita.com/baca.php?id=75549)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar